Senin, 05 April 2010

Archive for the ‘About’ Category

DotA Classic

Seri ini adalah DotA orisinil, yang dimulai oleh Eul, pencipta dan editor pertama. Peta/map RoC ini dianggap oleh beberapa pemain DotA sebagai seri peta/map paling seimbang dan paling bagus. Eul, editor orisinil dan pencipta DotA, sejak itu mengumumkan peta/mapnya sebagai open-source, dan untuk sekarang ini tidak ada editor resmi untuk peta/map RoC DotA.

Namun demikian, ada editor tidak resmi yang peta/mapnya sering diadakan. Editor yang paling terkemuka sekarang ini adalah Quantum.dx (3.6d, juga 3.95c, 4.0 untuk TFT), Fluffy_bunny (seri 3.7, 3.8x dan 3.9x), Ryude (seri 3.7x), dan Danite (seri Rumble 3.x, Danites Hell, dan Multimode 4.0). DotA Classic untuk RoC mempunyai kelompok/kaum yang terus berlanjut untuk bermain dengan masing- masing dan juga menyelenggarakan turnamen.

Versi paling populer di kebanyakan server adalah 3.7 (diciptakan Fluffy_bunny), sedangkan 3.6d masih dimainkan di Asia. Seri 3.7x, 3.8x dan Rumble semuanya dimainkan di game publik dalam jumlah yang cukup banyak.

CHAOS

Chaos merupakan port berbahasa Korea, dan tidak populer di luar Asia, walaupun ia memiliki banyak pemuja di sana.

Danite’s Hell

DotA Danite’s Hell adalah versi DotA 3.7 dimana skill hero dipilih secara acak. Beberapa kemampuan/skills ditinggalkan/ditiadakan, misalnya yang perlu di naikin levelnya/level up cuma satu kali atau dua kali saja, atau akan tidak praktis di kebanyakan hero. The Stealth Assassin, misalnya, mempunyai banyak gerakan/moves yang cuma perlu dua level untuk diupgrade. Versi ini sangat populer dengan banyak pemain karena tingkat baru ketidakpastian.

Allstars

- Perkembangan/Development

Untuk sekarang ini, dalam kebanyakan versi Allstars, peta/map mempunyai banyak hero dan item dibanding DotA orisinil, dan sering diupdate, yang bisa menjelaskan kepopulerannya sekarang ini. Namun demikian, kepopuleran ini memunculkan kontroversi atas siapa yang harus diakui untuk kepopulerannya. Sebagai contoh, sejumlah pemain Classic merasa tersinggung dengan Guinsoo karena “mencuri” game mereka, terutama karena dia diduga “meminjam” dengan mirip kebanyakan dari pemicu/triggers, spell, hero dan item dia dari orang lain; Guinsoo, untuk bagiannya, mempertahankan bahwa peta/mapnya diciptakan dari awal (selain susunan/layout peta/map) dan didasarkan secara spiritual dari kerjaan Eul. Bagaimanapun juga, Allstars tetap banyak dimainkan di The Frozen Throne, dan adalah peta/map custom Warcraft 3 paling populer.

Bugs di versi 5 dari Allstars mendesak kebanyakan orang untuk menawarkan perbaikan kepada Guinsoo tapi perkembangan/development kode buram dan jadwal pengeluaran terserah kepada kebijaksanaan. Karena begitu, peta/map bercabang di versi 5.84b. Guinsoo mengikuti gerakan massal untuk MMORPG Warcraft yang populer, dan IceFrog mengambil alih sebagai kepala proyek sejak versi 6.

- Kecenderungan pemain sekarang

Sekarang ini, pemain menunjukkan minta yang bertambah ke versi 6.xx karena dengan masing-masing versi berurutan, lebih banyak bug yang diperbaiki dan peta/mapnya dipercaya lebih stabil dan seimbang. Versi 6.32b, versi resmi yang paling baru, adalah yang paling sering dimainkan di Battle.net dan kelompok-kelompok LAN. Telah diperhatikan bahwa hanya Malaysia dan Turki yang masih sering memainkan 5.84c di server-server Battle.net. Kebanyakan dari orang Turki lebih memilih untuk “lengket” ke versi 5.84c karena perubahan besar ke peta/mapnya, keseimbangan baru dari hero dan item-item baru. Mode yang hadir dimana-mana adalah mode -allrandom (-ar).

Sekarang ini, DotA Allstars sangat populer di kebanyakan pemain di seluruh dunia, seperti yang diperhatikan di server Battle.net dan jaringan/network PvPGN dari server pribadi. Pemain dari DotA Allstars, khususnya di kawasan Asia, kadang-kadang ke cybercafés untuk pertandingan persahabatan dan turnamen uang.

DotA Allstars juga ditampilkan di Malaysian and Singaporean World Cyber Games 2005.
Outland

DotA Outland adalah variasi Frozen Throne lainnya dari DotA, kebanyakan dipelihara oleh Softmints dan JackOfBlades, tapi sekarang semua pekerjaan telah dioper ke emjlr3 untuk sementara, yang sangat berpengalaman dengan JASS, dan akan mampu memberi dimensi baru dari perbuatan hero ke Outland. Ia lebih sedikit terkenal dibanding Allstars, tapi diupdate jauh lebih sering. Ia lebih berbasis hero daripada berbasis item, sedikit lebih lambat lajunya daripada Allstars, dan hero-heronya berbeda sepenuhnya. Perkembangan/development telah dimulai lagi setelah banyak waktu digunakan untuk memperbaiki lag spikes yang tercipta di 4.4b.

- Membandingkan Outland dengan peta/map AoS lain

* Dibandingkan dengan DotA Classic: Ia Aeon of Strife yang lebih berbasis hero, dengan lebih sedikit perhatian di bangunan dan upgrade-upgrade, dan permainan lebih cepat.
* Dibandingkan dengan Allstars: Lebih sedikit perhatian di penghancuran lawan dengan item lebih kuat; meskipun kemenangan dengan pembangunan item sangat kuat sangat memungkinkan.

- Karakteristik unik dari Outland

* Item jauh lebih kurang kekuatannya dan lebih spesifik di karakter.
* Recipes ditempatkan diluar pintu masuk dari air mancur, tiga buku di tumpuan. Item level 3 tidak tidakseimbang, mempertimbangkan biaya emas/gold yang umumnya tinggi dan hanya bonus yang sedang saja.
* Aspek “challenge”(liat di bawah).
* Penggunaan waygates untuk transportasi.
* Switch-switch mengkontrol kemampuan/ability untuk menaikkan/menurunkan jembatan-jembatan, yang bisa merubah kemungkinan jalur lari.
* Nilai dari item-item yang dibawa hero menentukan hadiah/bounty emas/gold yang diperoleh dari membunuh dia. Misalnya, kalau seorang hero membawa item-item yang senilai 6000 emas/gold, 600 akan ditambah ke hadiah/bounty dia, karena dia lebih sulit untuk dibunuh.
* Menghancurkan menara/tower musuh memberikan Energy yang bisa dipakai untuk mengupgrade menara/tower atau pasukan bersahabat. Energy juga diperoleh dari pembunuhan hero dan bisa ditukarkan dengan emas/gold di salah satu toko-toko atau dipakai untuk mengupgrade item-item.
* Reputasi untuk beberapa herp-hero yang unik dan orisinil dengan kemampuan/skill yang bervariasi. (Dikit yang diketahui tentang DotA CHAOS di kawasan ini.)

- Tantangan/Challenges

Tantangan/Challenge, sangat mirip dengan powerup Runes di Allstars, adalah aspek menarik di Outland. Seorang pemain mengambil sebuah rune, lalu diberi sebuah tantangan/challenge untuk diselesaikan. Kalau pemain itu berhasil, dia mendapat 750 emas/gold; kegagalan akan menyebabkan kehilangan level, yang lebih signifikan di Outland daripada versi lain. Ini memberi tekanan kepada pemain untuk menyelesaikan tujuan.

Tantangan/Challenges yang ada sekarang ini:

* Slaughter – Salah satu hero di tim musuh dipilih, dan harus dibunuh dalam 3 menit.
* Survival – Bertahan hidup selama 3 menit, dengan 1000 hadiah/bounty emas/gold di kepala kamu, kamu adalah musuh terhadap creeps dan menara/tower kamu, dan creeps mereka – tidak ada persembunyian di markas/base kamu. Lokasi kamu di-ping untuk setiap pemain setiap detik.

Hanya satu tantangan/challenge yang bisa aktif di satu waktu, tapi dua tantangan/challenge bisa dipegang bersamaan oleh seorang pemain.

- Hero-hero

Variasi-variasi hero di Outland berbeda dari versi lain dalam banyak hal. Pertama, kenaikan experience sangat lambat di awal permainan, dan item-item diprioritaskan. Kedua, hero-hero lebih berfungsi kepada tujuan mereka, misalnya, Red Stain adalah “pembunuh hero/hero-killer” yang hebat, namun kemampuan “mendorong/pushing” dia sangat lemah, kecuali pembangunan item dia sepenuhnya (urutan dan pilihan item) difokus padanya, membuat ia memiliki kemampuan yang sedang untuk kedua-duanya.

Pembunuhan hero/hero killing juga adalah tugas yang sulit, karena hero-hero pada umumnya lebih ulet, dan semua hero mempunyai akses kepada “escape move” (kemampuan/ability yang membantu untuk lari/escape dari seorang hero yang mencoba untuk membunuh hero satu lagi). Ada banyak macam hero “istimewa/special” dalam permainan dari hero lain, terutama “Shadowdancer” yang gaya/style gerakan/movesnya didasarkan pada “blinking” (teleport jarak dekat) dan Focus Monk, yang perlu memasuki “Trance” setiap 60 detik untuk memulihkan tenaga/energynya. Ini memerlukan 5 detik untuk diaktifkan, dan kemampuan/skill dia memperoleh bonus pada saat kemampuan/skill ini diaktifkan. Hero-hero dengan kemampuan/ability ini ditentukan oleh tulisan merah yang menunjukkan kemampuan-kemampuan/abilities saat memilih hero.


Perkenalan Hero

Hero diperingkatkan berdasarkan level. Sewaktu naik satu level, hero menerima atribut bonus dan satu skill point untuk dibelanjakan dalam mempelajari atau meng-upgrade skill yang sudah ada. Hero bisa naik level waktu permainan dengan mendapatkan experience. Experience bisa diperoleh dengan membunuh creeps, yang dikenal dengan istilah creeping atau farming dan dengan membunuh hero lawan yang dikenal dengan istilah pawning yang mengakibatkan hero mendapatkan lebih banyak experience points.

Creep netral dengan kesulitan bervariasi jadi ditaruh di seluruh peta/map, dan mereka juga bisa dibunuh untuk memperoleh experience dan emas/gold. Creep netral tidak diprogram untuk melakukan apa-apa kecuali bertempur dengan karakter yang terlalu dekat; karena dengan begitu, mereka ada untuk dibunuh untuk mendapatkan experience dan emas/gold. Creep netral ini bervariasi dalam kekuatan dari yang sangat lemah ( creep level satu), sampai yg sangat kuat dimana satu tim penuh hero dengan pangkat tinggi yang diperlukan untuk bertarung untuk menang (misalnya Roshan, di DotA Allstars).

Atribut Hero

Hero mempunyai tiga statistik utama, yang dikenal sebagai atribut (Kekuatan/ Strength, Kecerdasan/ Intelligence, Kelincahan/ Agility) dengan setiap hero memiliki satu Atribut Pokok. Atribut Pokok bisa ditentukan berdasarkan icon yang tampak di status panel, seperti yang digambarkan disini (Strength digambarkan dengan icon “kepalan tangan”/”fist”, Agility dengan “kaki” dan intelligence dengan pikiran/ mind). Menambah Atribut Pokok seorang hero bisa menambah damage. Sebagai tambahan, menambah atribut hero bisa mempertinggi statistik yang bersangkutan.

* Strength mempertinggi hit points dan regenerasi hitpoint. 1 Strength point = 19 HP, 1 Strength Point = 0.03 HP/detik tambahan regenerasi.
* Agility mempertinggi kecepatan serangan/attack speed dan rating armor. 7 Agility Points = 1 armor, 1 Agility Point = 1% IAS (Increased Attack Speed/ penambahan kecepatan serangan).
* Intelligence mempertinggi mana points dan regenerasi mana. 1 Intelligence Point = 13 MP, 1 Intelligence Point = 0.04 MP/detik tambahan regenar

Statistic Hero

Hero juga memiliki sejumlah variasi statistik yg bs dirubah dgn mewarisi skill, pembelian item atau perubahan atribut:

* Attack Damage – Mengindikasikan berapa serangan hero dikurangi dari hit point penerima. Menambah Atribut Pokok hero bisa menambah attack damage dia, dimana setiap penambahan satu poin di Atribut Pokok menambah attack damage dengan satu point.
* Attack Speed – Menentukan seberapa cepat hero memakai serangan mereka. Hero yang mempunyai attack speed dua kali lipat dari hero lain akan menyerang dua kali lebih banyak dalam sejumlah waktu tertentu. Attack speed ditentukan oleh base speed utk masing- masing hero, dan ditambah oleh agility. 1 Agility point = 1% IAS.
* Hit Points – Merepresentasikan berapa damage seorang hero bisa menyerap sebelum dia terbunuh. Hit points regenerasi seiring waktu sampai nomor maksimal. Nomor maksimal hit points seorang hero miliki dan kecepatan regenerasinya adalah fungsi dari atribut strength hero. Hero dengan strength lebih tinggi mempunyai nomor maksimal yang lebih tinggi untuk hit points dan regenerasinya lebih cepat. Hit points diindikasikan oleh angka current dan maximum.
* Mana Points – Mana points seorang hero adalah jumlah energi hero memiliki untuk mempergunakan kemampuan/abilities atau cast spell. Kebanyakan (tapi tidak semua) kemampuan/abilities mempergunakan mana. Mana juga regenarasi seiring dengan waktu. Jumlah maksimal mana dan kecepatan regenerasi mana adalah fungsi dari kecerdasan/intelligence hero. Mana points diindikasikan oleh angka current dan maximum.
* Armor Rating – Armor rating hero adalah berapa damage fisik ke hero dikurangi, dimana damage fisik tidak termasuk damage dari spell, namun demikian damage magic yang dilakukan ke seorang hero dikurangi 25% (yang bisa ditumpukkan yang berkurang dengan item dan skill tertentu). Jumlah damage fisik yang dikurangi oleh armor dilihat sebagai persentase dan akan mempunyai hitungan yang berkurang saat armor count naik.
* Movement Speed – Menentukan berapa cepat hero berjalan untuk jarak tertentu, tidak termasuk efek dari spells. Movement speed adalah base value kira- kira 300, yang berbeda dari hero ke hero, tapi bisa dimodifikasi dengan kemampuan/abilities atau item. Akan tetapi ada batasan kira- kira 522 untuk movement speed yang tidak bisa dilewati, walaupun kebanyakan hero tidak akan mencapai batasan ini. (Beberapa hero bisa mencapai movement speed ini tanpa Rune haste, yakni Balanar the Night Stalker yang mempunyai tambahan pasif berlari waktu malam, Slardar the Slithereen Guard dengan kemampuan/ability Sprint-nya, Barathrum the Spirit Breaker dengan kemampuan/ability Charge of Darkness, Strygwyr the Blood Seeker yang dengan gampang mencapai 522 dengan kempampuan/ability Strygwyr’s Thirst, Anub’seran the Nerubian Weaver dengan kemampuan/ability Shukuchi, dan Banehallow the Lycanthrope waktu dalam Shapeshift-nya.

GAME PLAY / KONSEP
Karena DotA (Defense of the Ancients) adalah peta/map custom, beberapa dari konsep- konsep game sangat berbeda dengan Warcraft III: Reign of Chaos atau The Frozen Throne yang asli. Namun demikian, game aslinya dan peta/map DotA custom punya beberapa kemiripan, misalnya pemakaian karakter Warcraft yg telah dimodifikasi, adaptasi dari mantra/spells Warcraft semacam Heal, dan benda/items semacam Boots of Speed (Sepatu Boot kecepatan).

Untuk peta/map DotA, dua markas/base di set di dua sudut berlawanan dari peta/map. Di masing- masing markas/base terdapat satu bangunan sentral yang dikenal sebagai Ancient, dari mana peta/map memperoleh namanya. Inti dari permainan adalah menghancurkan Ancient tim lawan dan mempertahankan Ancient sendiri. Ancient yang dipakai untuk masing- masing tim biasanya The Frozen Throne/World Tree (dalam variasi- variasi Classic, Allstars); dan Town Center normal untuk masing- masing tim (dalam variasi Outland). Tiga jalur/lanes menghubungkan kedua markas/base. Sebuah sungai berjalan diagonal di tengah peta/map, tegak lurus/ perpendicular ke tiga jalur/ lanes, masing- masing tim punya sejumlah menara/ tower pertahanan di masing- masing jalur/ lanes, yang diletakkan di sisi sungai bagian mereka.

Tim- tim terdiri atas maksimal 5 pemain, masing- masing mengkontrol satu hero, dan satu komputer yg mengkontrol creeps. Variasi standar tidak men-support kecerdasan artifisial (artificial intelligence/AI) untuk hero yang dikontrol komputer. Satu variasi yang dikenal sebagai DotA Mercenaries mengizinkan lebih banyak pemain yang dikontrol komputer, dan biasa dipakai untuk kegunaan latihan/practice atau waktu tidak ada pemain manusia lainnya yang bisa main. Beberapa developer memunculkan versi tes dari peta/map DotA dengan pemain AI yang mempunyai skill/ kemampuan bervariasi. Yang terbaru merupakan Cloud_str yang menciptakan dota allstars 6.27b AI.

Markas/base lawan memproduksi troops, yang dikenal sebagai creeps, setiap 30 detik, dimulai dari 1 menit 30 detik. Creeps diproduksi dalam set (yang juga dikenal dengan waves atau spawns) yang terdiri dari sejumlah unit tawuran dan satu unit terlatih, dan menjalur kebawah menuju tiga jalur/lanes yang tersedia di peta/map menuju markas/base lawan. Seiring dengan perjalanan permainan, jumlah creeps bertambah, demikian juga hit points dan damage mereka. Creeps untuk Scourge terdiri dari Ghouls dan Neuromancers, sedangkan creeps untuk Sentinel terdiri dari Treants dan satu Druid of the Talon. Saat creeps berjalan di jalur/lanes mereka akan bertempur dengan creeps, heroes atau menara/tower lawan yang mereka jumpai. Menara/tower memiliki daya tembak/firepower lebih baik dibanding creeps, jadi akan sangat sulit untuk creeps untuk melewati menara/tower tanpa bantuan dari seorang hero.

Variasi tertentu DotA (misalnya Allstars dan Mercenaries) memiliki Runes di sungai yang bisa diambil oleh hero untuk memperoleh bonus untuk waktu yang singkat (misalnya Double Damage, Regeneration, Haste, Illusion dan Invisibility), sedangkan variasi lainnya memiliki kegunaan Rune yg berbeda (misalnya aktivasi Challenge di Outland).

Tanpa pengaruh dari hero, permainan tidak akan bisa dimenangkan dengan cepat oleh kedua tim. Creeps akan bertempur masing- masing dan setelah itu mengorbankan diri mereka sendiri dengan serangan sia- sia ke menara/tower. Namun demikian, di latihan/practice, biasanya akan ada ketidakseimbangan kekuatan seiring waktu karena peletakan tertentu dari menara/tower, jalur/lane creeps, dan variable lain (karena perbedaan tipis dari sejumlah variasi, ke“untung”an akan bervariasi). Namun demikian, ketidakseimbangan ini begitu tipis sehingga kemunculan satu hero saja untuk jumlah waktu tertentu bisa meniadakan keuntungan itu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar